Tahun Baru, Semangat Baru

Yuhuuuu, mau ngucapin Selamat Tahun Baruuuu niihh..semoga tahun ini lebih menyenangkan, lebih berkah, dan kita selalu dalam lindunganNya..Aamiin Aamiin YRA.

Sudah nyusun resolusi untuk tahun ini? Sudah review resolusi tahun kemarin yang belum tercapai? Apapun itu, jangan pernah bosen berusaha untuk jadi manusia yang lebih baik lagi, lagi, dan lagi yaaaa..

Trus sudah nyusun rencana tahun ini mau jalan-jalan kemana? Mungkin banyak yang mau ke Sumba ya karena abis nonton film Pendekar Tongkat Emas? Atau pingin kemana aja karena pingin jadi Pendekar Tongkat Narsis? hihihihi..Tahun 2015 banyak libur kejepit lhoo, lumayan buat pegawai kantor yang mau liburan tapi ga pingin cuti banyak.  Info untuk libur nasional dan cuti bersama tahun 2015 bisa dilihat di sini yaaaa..

Hari Libur 2015

Yuk, mulai rencanain perjalanan dan nabung lebih giat, karena katanya tiket murah mau dihapus.  Semangaaattt!!

 

Advertisements

Bali – Ternyata Ga Melulu Kuta

Sebagian besar dari kita pasti pernah ke Bali. Jaraknya yang ga terlalu jauh (kurang dari 2 jam naik pesawat) dan banyaknya maskapai yang melayani rute kesana membuat sebagian orang bahkan ke Bali hanya untuk menghabiskan weekend.

Buat saya, Bali merupakan salah satu tempat yang gakkan pernah bosen untuk saya datengin. Gimana ngga, kayaknya tiap saya kesana, selalu ada tempat baru yang asik buat didatengin deh. Pertama kali kesana, pas awal-awal kerja, ngajakin Bapak saya jalan-jalan bareng kakak dan adik saya. Saya masih inget waktu itu kita sewa mobil sendiri, dan keliling Bali sampe puas. Yaaa seperti layaknya orang yang baru pertama kali ke Bali, kami mengunjungi Tana Lot, GWK, Uluwatu, Pura Besakih, makan bebek di Ubud, dan pastinya ke Pantai Kuta yang terkenal itu. Salah satu cerita lucu, waktu itu kita mau nonton tari Kecak sambil liat sunset di Uluwatu. Karena sampe sana lebih cepat, dan lumayan capek abis keliling-keliling, kita memutuskan untuk nunggu di mobil. Dan ternyata kami semua ketiduran dong, bangun-bangun tari kecaknya udah bubar. Hehehe.

Beberapa kali ke Bali, saya mulai mengeksplor bagian lain selain Kuta (dulu kalo ke Bali nginepnya selalu di daerah Kuta euy) dan ternyata semuaaaa bagian di Bali bener-bener indah untuk didatengin. Sekarang kalo ke Bali, saya selalu bagi wilayah yang mau saya datengin. Misalnya, kali ini akan eksplor Bali Timur (Amed, Amlapura, Karangasem, dll) nanti lain kali saya akan eksplor Bali Utara (Singaraja, Danau Bratan, Lovina, dll), trus selanjutnya ke daerah lain lagi. Gitu deh intinya. Ada temen saya yang bilang “berat banget hidup lo ciw, ke Bali aja dibagi-bagi kayak lagi bikin mapping jualan” hahahhaks, iya kayak gitu emang..tapi ini mapping jalan-jalan 😀

Ini beberapa alternatif tempat dan kegiatan buat kamu yang udah mulai bosen sama Kuta yang sekarang udah rame banget :

  • Seminyak

Ini daerah turis kedua setelah Kuta. Agak beda sih ambiencenya. Di Seminyak menurut saya cocok untuk kamu yang suka shopping. Banyak toko-toko dan butik lucu yang ada di pinggir jalan. Shopping paradise for shopaholic 😀

  • Ubud

Buat yang suka dengan ketenangan, Ubud udah paling cocok deh nih. Suasana pedesaan dengan hamparan padi dan udara yang relatif lebih sejuk, bikin daerah ini jadi daerah favorite saya kalo di Bali. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Ubud antara lain adalah : baca buku, sepedahan, dan shopping di Pasar Ubud. Tapi harga barang di daerah sini lebih mahal dibandingkan harga di tempat lain di Bali, karena konon katanya kalo Ubud memang daerah yang paling eksklusif di Bali.  Katanya lhooo..

ini villa di Ubud, sekelilingnya sawaaahhh..
ini villa di Ubud, sekelilingnya sawaaahhh..
  • Amed

Daerah pantai di Bali Timur yang suasananya mirip-mirip dengan Krabi. Sepi, dan sebagian besar yang datang kesini adalah turis luar yang punya tujuan menyelam. Harga penginapan di sini relatif lebih murah dibandingkan Kuta. Dengan harga 700ribu per malam, kita sudah bisa dapet kamar besar dengan view laut yang bagus banget.

sunrise dari penginapan kami di Amed
sunrise dari penginapan kami di Amed
Amed, sayang agak mendung
Amed, sayang agak mendung
  • Lovina

Nah, buat yang mau merasakan sensasinya melihat lumba-lumba langsung di laut lepas, ini adalah tempat yang pas #rhymes. Jarak dari Kuta ke Lovina sekitar 2.5 jam, jadi kalau ga mau harus bangun pagi-pagi buta, menginaplah di sekitar Lovina karena untuk melihat lumba-lumba, kita harus sudah stand by di kapal sewaan sekitar jam 5.30 pagi.

  • Taman Ujung (Soekasada), Karangasem

Taman terapung peninggalan Raja Karangasem sebagai hadiah untuk permaisuri. Kalo kesini, bawaannya adeeemmm karena banyak air nya *halah dan sekilas kayak taman-taman di Jepang. Gini nih suasananya :

No filter
No filter
tiap sudut bikin adem
tiap sudut bikin adem
pas lewat sini, ada yang lagi foto pre wed
pas lewat sini, ada yang lagi foto pre wed
  • Taman Tirta Gangga

Masih di sekitar Bali Timur, ada juga Taman Tirtagangga, yang didirikan oleh Raja Karangasem untuk tempat peristirahatan keluarga raja. Di sini kita bisa melihat pemandangan indah dengan kolam pemandian yang konon katanya dulu merupakan tempat mandi para permaisuri dan putri-putri raja. Mirip-mirip dengan Taman Sari di Yogya, tapi Tirtagangga kental dengan nuansa Bali.

2014-04-18 16.41.15 2014-04-18 17.02.33 2014-04-18 17.06.51

  • Ayung River

Nah, kalo nginep di Ubud, bisa nih jadi alternatif kegiatan. Rafting di Sungai Ayung yang memiliki jeram-jeram yang cukup menantang, dengan jarak tempuh sekitar 3 jam. Oiya, untuk menuju Sungai Ayung, kita harus melewati ratusan anak tangga turun dan naik ketika pulangnya. Tapi setelah itu, pemandangan ketika rafting membuat semuanya terasa worth it dan lupa akan pegelnya kaki kok 😛

bisa ajak anak-anak, minimal umur 5 tahun
bisa ajak anak-anak, minimal umur 5 tahun
berenang di Ayung River
berenang di Ayung River
  • Bali Safari Marine Park

Buat yang bawa anak-anak, pasti seneng deh kesini. Ini kayak Taman Safari-nya di Bali gitu. Kita akan diajak keliling dengan menggunakan mobil yang disediakan untuk melihat-lihat koleksi hewan. Yang cukup menarik, nanti kita akan melewati penginapan yang view nya langsung ke kandang singa. Jadi berasa kayak di Afrika gitu deh. Hehehe..Selain itu, di sini juga banyak pertunjukan hewan yang menarik untuk ditonton, seperti pertunjukan gajah, lumba-lumba, singa, dll.

kasih makan pisang buat gajah
kasih makan pisang buat gajah
  • Tanjung Benoa

Yang suka olahraga air, mampir deh ke Tanjung Benoa. Di sini, bermacam-macam pilihan olahraga air seperti donut boat, parasailing, banana boat, dll bisa kita pilih. Jangan lupa untuk menawar harga, karena harga untuk turis dan orang lokal bisa berbeda jauh.

Itu beberapa akternatif tempat di Bali yang menarik untuk dikunjungi, dan pastinya masii banyak lagi yang belum saya kunjungi.  Nanti sewaktu-waktu akan saya tambahkan lagi yaaa dan di lain cerita akan membahas tempat makan asik di Bali buat yang muda-muda *tsaaaahh..

Tetep baca-baca koperkuning.com yaaaaa..Terimakasiiihhh :*

 

 

 

Bikin Pasport Sekarang Ga Pake Ribet

Minggu lalu, saya berencana pergi ke Bangkok karena ada temen yang kebetulan dikirim training disana.  Lumayan, bisa nebeng hotel dan sekalian jalan-jalan bareng.  Tapiii, ketika saya mau beli tiket pake maskapai T*g*r, eh ditolak dengan alasan paspor saya sudah kurang dari 6 bulan masa berlakunya.  Wah, saya jadi kaget karena ternyata masalah paspor kurang dari 6 bulan ini sesignifikan itu *halah lieur.  Oiya, itu beli tiketnya hari Minggu untuk berangkat Sabtunya.  hehehe..lumayan mefet untuk bikin paspor baru karena Senin-Kamisnya saya ada training di luar kota dan imigrasi terdekat adalah imigrasi Tangerang dan Soekarno Hatta. Itupun kalo saya bisa kabur..hihihiii kepala pun mulai keliyengan.  Ok, saya berencana untuk naik maskapai lain yang ga perlu masukin masa berlaku paspor.

Sambil cek-cek harga tiket maskapai lainnya, saya browsing sana sini dong, dan hasilnya 70-30.  70persen menyatakan tetep bisa berangkat, dengan catatan nanti di imigrasi akan dikasih surat pernyataan yang isinya pihak maskapai dan pihak imigrasi tidak akan bertanggungjawab jika kita dipulangkan.  Padahal, menurut yang saya baca, justru di imigrasi negara kedatangan sama sekali ga mempersalahkan.  Tapi 30persen menyatakan ga bisa berangkat, karena maskapainya yang ga mau berangkatin kita.  Tanya sana sini, temen saya pernah ke UK dengan paspor kurang dari 6 bulan, disuruh tandatangan surat pernyataan, tapi di UK malah ga ditanya apa-apa.  Hmm..nimbang-nimbang, mikir-mikir, ada sedikit rasa penasaran di hati saya.  Kalo saya tetep beli tiket dan bisa lolos imigrasi, pasti jadi pengalaman yang berharga buat saya karena saya ngalamin sendiri.  Tapiiiii, rasanya kok ya nyari-nyari masalah ya..soalnya saya tau itu peraturannya ga boleh, dan sepertinya males ya memperjuangkan sesuatu yang kita udah tau bakal masalah.  Toh saya belum beli tiket juga, jadi apa yang mau diperjuangkan? hahahaha.  Akhirnya dengan berat hati, saya batal pergi dan mau ngurus paspor dulu.

Ini adalah paspor ketiga saya dengan kantor imigrasi ketiga juga yang saya kunjungin.  Paspor pertama saya dikeluarkan di Jakarta Barat, kedua di Depok, dan ketiga tadi di Jakarta Selatan.  Kesan saya, di imigrasi JakSel yang tempatnya paling nyaman untuk menunggu. hehehe..Saya mau share tahapan yang saya lalui dalam membuat paspor ini yaaa, kebetulan saya daftar online agar bisa lebih cepat antriannya.

Pertama, masuk ke situs imigrasi online, masukkan data-data dan masukkan foto dokumen, seperti KTP, paspor lama, Kartu Keluarga, dan Akte Lahir/Ijazah.  Setelah semuanya lengkap, kita akan dikirimkan email konfirmasi yang berisini nomer dan bukti untuk pembayaran di Bank BNI, jadi pas bayar, kita bawa lampiran email ini.  Setelah itu, dari BNI akan diberikan tanda bukti bayar dan kita bisa melanjutkan proses dengan mengklik (lanjut) pada email konfirmasi tadi.  Selanjutnya kita diminta mengisi kode bayar yang ada di slip dari BNI, lalu memilih waktu kedatangan kita ke imigrasi.  Beres deh, nanti email mengenai konfirmasi kedatangan akan dikirim lagi dan dibawa pada saat kedatangan.

Di imgrasi, akan diperiksa dokumen aslinya, sebelum diberikan nomer antrian.  Untuk pendaftar online, tidak perlu ngisi form lagi.  Jadi tinggal duduk manis nunggu nomernya dipanggil.  Oiya, selain dokumen asli, siapkan juga fotokopiannya ya.  Semuanya harus di-copy di kertas A4 (KTP, paspor tidak boleh dipotong).

Ketika nomer antrian dipanggil, kita akan difoto dan diberi tanda bukti untuk mengambil pasport baru 3 hari kemudian.  Ga ribet kan?

Oman – 5 things i love about

Akhir taun lalu, merupakan kedua kalinya saya mengunjungi Oman.  Negara yang tadinya saya (jujur) ga pernah denger, apalagi kebayang bakal pergi kesana.  Tapi karena kakak ipar saya kerja disana, jadinya saya ada kesempatan untuk dateng kesana deh.  Dan ternyata, saya jatuh cinta sama Oman, negara dengan jumlah penduduk yang ga sesuai dengan luas wilayahnya.  Jadi kalo naik mobil, waaas wuuus ga pake rem. hehehe..

Saya gakkan panjang lebar cerita tentang Oman, tapi saya akan cerita beberapa hal yang membuat Oman jadi menarik bagi saya, dan mungkin bisa jadi masukan buat kamu yang mau kesana 🙂

1.  Makanan

Ketika di Oman, semua makanan yang saya cobain, enak-enak.  Tadinya saya pesimis, karena tanah disana tidak sesubur tanah Indonesia, jadi mungkin variasi makanannya pun ga banyak dan bakal kurang bumbu.  Ternyata saya salah.  Makanan yang sering ditemui memang makanan khas Timur Tengah, seperti kebab, sawarma, trus ada juga makanan India yang kari-kari gitu.  Favorite saya, sawarma!!  Sawarma ini kayak kebab gitu, dalemnya ada irisan daging ayam, keju, sayur, dan cabe rawit (kalo pesen yang pedes).  Dan di Muscat, ada 2 kios yang sawarmanya paling enak yang pernah saya cobain.  Pertama ada di Istanbooly, kios makanan Turki gitu, dan 1 lagi ada di kios di sebelah pom bensin, yang sering dsebut sawarma debu (karena campur debu gurun kali ya, hehehehe).  Di sini, kita bisa pesen dari mobil aja.  Tinggal klakson, dan ada yang akan dateng untuk menanyakan kita mau pesan apa.  Jangan salah, walopun kios kecil, tapi pekerjanya buanyak! Jadi ga perlu takut bakal lama nunggu.  Kalo mau makan disitu juga bisa, ada beberapa meja kecil yang sering dipakai untuk nongkrong-nongkrong lucuk.  Karena di Oman, coffee shopnya yaaa kayak begitu itu..hehehe..Oiya, minuman yang enak disini adalah cha (teh).  Tehnya itu campur susu dan pas takarannya.  Ga terlalu manis, dan ada ketir-ketir di tenggorokan gituuu *glek*

2.  Penduduk

Penduduk Oman ramah-ramah dan jujur! Kamu ga perlu takut untuk diboongin atau ninggalin barang-barang di tempat umum.  Kayak misalnya naruh sepeda di depan rumah, atau lupa ngunci pintu mobil gitu, ga perlu khawatir.  Insha Allah aman.  Oh dan satu lagi, penduduk Oman sepertinya ga ngoyo tentang uang.  Kalo kamu ke toko atau pasar gitu, jam 11 sampe jam 2 siang, pemiliki toko akan menutup tokonya untuk pulang ke rumah, makan sama keluarga, dan tidur siang.  Nanti jam 2, mereka kembali jualam lagi. hihihi

3.  Alam

Walopun tanah di Oman ga sesubur tanah di Indonesia, tapi pemimpin negara tsb sepertinya berusaha agar Oman tidak terlihat gersang.  Di jalan-jalan utama, banyak terdapat taman yang bunganya subur dan baguuuusss banget.  Ternyata, pemerintah setempat mengusahakan agar tanaman bisa tumbuh subur dengan menanam pipa-pipa kecil di beberapa tempat agar tanaman tidak kekurangan air.  Konon katanya, kalo mau tau apakah seseorang dikatakan kaya atau tidak di Oman, bukan dinilai dari besarnya rumah atau banyaknya mobil, tapi dari banyak atau tidaknya tanaman di rumahnya.  Makin banyak tanaman, berarti orang itu makin kaya.  Beruntung kita tinggal di Indonesia ya :’)

4.  Jalanan lancar jaya

Di Oman, sama sekali ga ada yang namanya macet.  Kakak ipar saya, bisa lho makan siang di rumah, dan balik lagi ke kantornya tepat waktu.  Kakak saya yang usaha bikin kue disana, bisa nganter anaknya sekolah, trus pulang bikin kue, nganter pesenan kue, dan jemput anaknya lagi sekolah dan makan bareng.  Hidup terasa lebih efektif.

5.  Benda langit seakan terlihat lebih dekat

Iyak.  Saya tau ini mungkin klise. hahaha..tapi bener deh, mungkin di semua negara Timur Tengah berlaku hukum ini ya.  Benda langit seakan terlihat lebih dekat dan lebih besar.  Saya termasuk orang yang selalu suka lihat langit dan benda-bendanya, dan saya amazed waktu ngedongak, dan ngeliat bulan gede banget dan berasa dekeeett, sampe kayaknya bisa saya raih.

Itu 5 hal yang bikin saya jatuh cinta sama Oman.  Mungkin buat kamu yang pingin cari sensasi liburan berbeda dengan pergi ke negara yang “warna alamnya” coklat, Oman bisa jadi pilihan.  Visanya? tenaaaang..Visa On Arrival 😉

Cerita lengkap tentang perjalanan ke Oman dan tempat-tempat yang dikunjungi, akan dibahas di bagian lain yaaa..

Once a year, go someplace you’ve never been before – The Dalai Lama

Freedom Library – Perpustakaan Nyaman di Pusat Kota Jakarta

Di Jakarta, agak susah menemukan alternatif tempat buat menghabiskan weekend, apalagi buat orang yang ga suka ke mall kayak saya.  saya ke mall biasanya cuma karena kalo saya mau nonton, ke toko buku, meeting, atau kalo lagi pingin makan apaaa gituuu yang adanya di mall.

Karena sering mati gaya kalo weekend ga tau kemana, saya inget duluuu waktu masih di Lampung, saya pernah diajak ke perpustakaan daerah yang suasananya enak banget.  Jadi saya browsing deh perpustakaan di Jakarta yang enak ada dimana.  Pilihan jatuh ke perpustakaan yang ada di Jl Proklamasi no 41, Menteng Jakarta Pusat, namanya Freedom Library. Begitu masuk ke halaman parkirnya, saya udah langsung jatuh cinta karena suasana nyamannya udah mulai berasa.  Apalagi pas masuk. Ribuan buku tersusun rapi di rak-rak kayu, puluhan orang sedang sibuk membaca, berdiskusi, atau sekedar mengerjakan tugas di laptop. Wah, saya sudah menemukan “tempat kerja” baru nih selain kedai kopi yang biasa saya kunjungin.

Ketika masuk, kita diminta menitipkan tas dan mengisi formulir keanggotaan jika belum menjadi anggota.  Pendaftaran ini free, alias tidak dipungut biaya.  Setelah itu, petugas akan memberikan tas kecil yang berfungsi untuk membawa barang-barang penting yang dibawa masuk, seperti dompet, HP, laptop, dll.  Udah deh, gitu aja, dan kamu bisa menggunakan semua fasilitas yang ada di Freedom Library.  Oiya, di sini juga ada WIFI yang lumayan kenceng, dan colokan listrik di beberapa meja 😉

Buat yang suka baca dan suka bingung mau kemana pas weekend di Jakarta, Freedom Library bisa menjadi alternatif 😀

1-1nya foto yang berhasil diambil :)
1-1nya foto yang berhasil diambil 🙂

Sabang – di sinilah Indonesia dimulai..

Pada kesempatan lalu, ketika saya mengunjungi Pulau Weh, Aceh, saya juga datang ke titik nol kilometernya Indonesia yang berjarak sekitar 8km dari Pantai Iboih.  Waktu itu, kami menyewa sepeda motor seharga 50ribu sudah termasuk bensin untuk menuju kesana. Ga perlu khawatir nyasar, karena petunjuknya jelas dan nanti tinggal ngikutin jalanannya aja.  Pemandangan sepanjang jalan menuju tugu nol kilometer ini, di kiri dan kanannya ada hutan lindung, jadi berasa adeeemmm 😀

Ketika sampai, sudah banyak orang yang antri untuk berfoto di tulisan Kilometer Nol Indonesia.  Ga tau kenapa, saya terharuuu banget pas sampe sini.  Kayaknya tugu ini highlight of this trip deh :’) di sini juga kita bisa pesen sertifikat nol kilometer.  Saya waktu itu pesen di penginapan, karena lupa.  Harganya 30ribu, dan bisa minta kirimin ke alamat kita di Jakarta.

jalanan menuju tugu nol kilometer
jalanan menuju tugu nol kilometer
sunset di ujung paling barat Indonesia. sayangnya waktu itu mendung
sunset di ujung paling barat Indonesia. sayangnya waktu itu mendung
Nol Kilometer-nya Indonesia :')
Nol Kilometer-nya Indonesia :’)
yay! koperkuning sudah pernah ke nol kilometer :D
yay! koperkuning sudah pernah ke nol kilometer 😀

Mudah-mudahan nanti ada kesempatan ke Merauke ya..tugu berapa juta kilometer tuh 😉

Pulau Weh – Aceh

Pasti tau dong lagu Dari Sabang Sampai Merauke? nah, tadinya saya ga pernah kepikiran bakal bisa jalan-jalan ke kota Sabang, kota paling ujung barat Indonesia. dan saya pun ga pernah tau kalo ternyata memang di kota Sabang itu, adalah titik nol kilometernya Indonesia, dimana luas negara kita mulai diukur.

Sampai akhirnya ada liburan bertubi-tubi *tsaaaahh, yang sayang banget kalo dilewatin.  saya dan ketiga teman saya mulai berpikir mau kemana liburan kali ini.  Tadinya mau ke Derawan, tapi karena keputusannya agak mendadak, jadi uang tabungan kami ga mencukupi. heheh..akhirnya kami memutuskan untuk ke Sabang, kota paling ujung barat Indonesia.

Perjalanan dimulai dengan menggunakan pesawat Lion Air menuju Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh.  Ketika pesawat sudah bersiap mendarat, saya ga nyangka dengan pemandangan kota Aceh dari atas.  Ternyata Aceh itu hijau! banyak banget pohon-pohon dan hutan lindung di kotanya.  Kata driver yang mengantarkan kami ke pelabuhan, pohon dan hutan lindung itu memang dipelihara untuk berjaga-jaga jika terkenda Tsunami, sehingga bisa sedikit membantu untuk menyerap airnya.

Lanjut ke perjalanan kami, setibanya mendarat di Aceh, kami langsung meyewa mobil seharga 90ribu (per mobil) untuk menuju Pelabuhan Ulee Lheu, dan melanjutkan perjalanan dengan kapal menuju Pelabuhan Sabang.  Perjalanan denga kapal ini ditempuh selama 45 menit apabila menggunakan kapal cepat, dan sekitar 1.5 jam apabila menggunakan kapal ferry besar (seperti kapal Merak – Bakauheni).  Harga tiket kapal cepat untuk kelas eksekutif 75ribu per orang.

Tiba di Pelabuhan Sabang, kami harus menyewa mobil atau bentor untuk menuju Pantai Iboih, tempat penginapan kami berada, yaitu Iboih Inn.  Sewa mobil seharga 50ribu per orang, dan sewa bentor seharga 40ribu per orang.  Kami memutuskan untuk menyewa bentor karena ingin nyoba kayak apa sih rasanya naik bentor, apalagi cuaca saat itu ga terlalu panas dan pemandangannya hijau seger gitu.  Ternyata perjalanannya jauuuuhhh, sekitar 1 jam dengan kondisi jalanan yang berliku-liku.  Kalau ga mau masuk angin, siapkan jaket kalo kamu berencana untuk menyewa bentor juga 😀

Setibanya di darmaga Pantai Iboih, ada dua cara menuju ke penginapan.  Cara pertama adalah dengan berjalan kaki selama kira-kira 20 menit melewati anak tangga, dan cara kedua adalah minta jemput kapal dari penginapan (gratis).  Kami memilih cara kedua, mengingat ada koperkuning. hehehe riweh kayaknya kalo geret-geret koper naik tangga :p

Sampai di penginapan Iboih Inn, saya langsung jatuh cinta sama tempat ini.  Pas banget buat leye-leye baca buku, dengan suasana yang adem.  Kan biasanya kalo ke pantai, suka males yak duduk-duduk terlalu lama karena hawanya panas bingit. Nah, ini ngga.  Apalagi waktu itu mendung dan abis hujan, sukaaaa!!  Gini nih suasana penginapannya

leye-leye aja di hammock depan kamar. bisa banget ngabisin seharian di sini
leye-leye aja di hammock depan kamar. bisa banget ngabisin seharian di sini
restoran di Iboih Inn
restoran di Iboih Inn
Iboih Inn tampak depan. itu kamar kita paling pojok kanan, view langsung laut
Iboih Inn tampak depan. itu kamar kita paling pojok kanan, view langsung laut
kamarnya
kamarnya
view dari tempat tidur. kalo ga mendung, itu pas ngadepnya ke sunrise :)
view dari tempat tidur. kalo ga mendung, itu pas ngadepnya ke sunrise 🙂
tempat santai-santai di sebelah restoran, sayangnya waktu itu hujan
tempat santai-santai di sebelah restoran, sayangnya waktu itu hujan
view dari restoran
view dari restoran

Harga kamar di Iboih Inn cukup terjangkau jika dibandingkan dengan view, kondisi kamar, dan fasilitas yang ditawarkan.  Hara kamar deluxe view menghadap laut, 490 ribu per malam sudah termasuk makan pagi.  Untuk jenis kamar lainnya, yang termurah adalah kamar budget, seharga 200 ribu per malam.  Letaknya agak jauh ke atas, namun masih keliatan view lautnya kok 🙂

Kegiatan yang bisa dilakukan di sini antara lain adalah berenang, snorkeling, dan diving.  Mau berenang atau snorkeling? tinggal nyebur aja di depan penginapan udah banyak ikan lucu-lucu.  Perlengkapan snorkeling bisa disewa dengan harga 15ribu per item di penginapan.  Mau diving? harus nyebrang sebentar ke Pulau Rubiah.  Diving di sini dipatok harga 500 ribu sudah termasuk perlengkapan dan kapal menuju Pulau Rubiah 🙂

Kami waktu itu mencoba snorkeling di Pulau Rubiah karena katanya di sana lebih bagus view bawah lautnya.  Kami menyebrang dengan menggunakan kapal dari penginapan, seharga 30 ribu PP.  Ketika sampai, kami ditanya oleh pemilik warung tempat kami menitipkan barang.  Katanya gini “mau bawa umpan ga buat ikan, biar ikannya pada ngumpul” kami menjawab “mau Bu”.  dan tebak apa umpannya? Ind*mi* rebus, anget! hahahha..spontan kami menjawab “wah kalo ini sih kita juga mau Bu” :p

Tapi ternyata bener lho, dengan ikan-ikannya doyan umpan ituuu..kami dikerubutin, bahkan ada beberapa ikan yang juga gigit-gigit jari kita.  Teman saya sampe teriak. hihihi..sayangnya di sini yang bisa dilihat hanya ikan.  Pantainya terlalu berpasir, sehingga tidak terlihat ada tumbuhan laut dan karang yang indah seperti yang kami lihat di Pulau Bira.  Walopun begitu, tetep aja ngasi makan ikan pake mie instan ini pengalaman yang seru juga sampai ga terasa kami snorkeling hampir 3 jam 😀

2014-05-31 10.57.08

ikan-ikan mulai mendatangi umpan
ikan-ikan mulai mendatangi umpan
ngasi makan ikan sambil menguatkan tekad dalam hati
ngasi makan ikan sambil menguatkan tekad dalam hati “ini buat ikan, ini buat ikan” hahaha

Itu cerita hari pertama kami di Pulau Weh, Sabang.  Untuk yang ingin punya short escape dengan pengalaman berbeda, Pulau Weh ini bisa dijadikan pilihan lho 😉

Bersambung ke cerita selanjutnya yaaa..ke titik nol kilometernya Indonesia, Sabang.