Category Archives: Kamboja

Soul Trip lagiiii..

Bulan Mei lalu, saya kembali berkesempatan mengulang apa yang telah saya lakukan taun lalu.. Jalan-jalan ke Kamboja, Vietnam, dan Bangkok.  Tapi kali ini saya ga sendirian dan rute nya pun kebalik.  Jadi saya terbang ke Bangkok dulu, trus lanjut lewat darat ke Siem Reap ngeteng naik bis, lanjut naik bis malem ke Phnom Penh, jalan-jalan bentar, dan lanjut lagi ke Ho Chi Minh lalu balik ke Jakarta dengan menginap semalam di bandara KLIA.

Walaupun kota-kotanya mengulang, tapi ternyata kita akan selalu menemukan sesuatu yang baru di setiap perjalanan yang kita lakukan *tsaaaahh.  Perjalanan kali ini lebih tepat disebut berpetualang.  Gimana ngga, perjalanan ke tiga negara tersebut kami lakukan hanya dengan waktu seminggu dengan budget kurang dari 8 juta rupiah berdua, sudah termasuk tiket pesawat.

Kali ini saya mau menceritakan hal-hal baru buat saya, yang belum pernah saya lakukan di perjalanan sebelumnya ya.

1.  Bangkok – pertama kali mendarat di Don Mueang Airport

Pertama kalinya saya mendarat di Bandara Don Mueang, Bangkok.  Bandaranya sih ga sebesar Suvarnabhumi ya, tapi lebih deket ke pusat kota.  Kami menuju terminal Mo Chit dengan menggunakan bis nomer 510.  Tidak sulit untuk menemukan bis ini, karena tempat pemberhentiannya tepat setelah pintu keluar bandara. Ihiiiiyy.  Oiya, karena sebelumnya kami mendapat informasi bahwa ongkosnya 30 baht, maka kami pun mulai rempong jajan ini itu di bandara biar dapet kembalian uang kecil.  Ternyataaa..penumpang lain dengan santainya membayar ongkos bis dengan selembar 1000-an baht aja dong..dan kondektur dengan santai memberikan kembaliannya..hiyaaahhh *kunyahjajanandibandara*.

Dari Mo Chit, kami melanjutkan perjalanan ke hotel dengan menggunakan BTS ke Saphan Taksin.  Hotel kami, Bangkok City Hotel, terletak sekitar 5 menit berjalan kaki dari BTS tersebut.  Merupakan hotel baru dengan lokasi strategis karena dekat dengan pusat perbelanjaan.  Kamarnya bersiiihh, luaaasss, dengan harga sekitar 400ribu per malam. Sayangnya saya lupa foto kamarnya seperti apa..huhuhuhuhu..

2.  Bangkok – Siem Reap ngeteng naik bis

Kali ini, saya mencoba ngeteng naik bis dari Bangkok ke Siem Reap. Begini rutenya : dari terminal Mo Chit ke Aranyaprathet (perbatasan Bangkok), naik bis jam 3 pagi, dilanjutkan dengan bis ke Siem Reap.  Katanya sih begini lebih cepet dibandingkan naik bis langsung dari Bangkok ke Siem Reap yang memakan waktu 12 jam.

Perjalanan lancar sampai di Aranyapratet.  Kami langsung menuju imigrasi yang tampak masih sepi dan tanpa antrian.  Berbeda sekali dengan ketika saya pertama kali kesini, antri imigrasinya memakan waktu hampir 2 jam.  Setelah paspor dicap keluar, kami berjalan kaki ke Poi Pet, border negara Cambodia.  Di sini pun tidak ada halangan yang berarti, sampai kami keluar imigrasi.  Tidak jauh dari pintu keluar imigrasi, terdapat bis dengan tulisan free shuttle bus.  Tadinya kami ragu-ragu untuk naik ke bis tersebut, apalagi ada beberapa orang mencurigakan yg terkesan memaksa kami untuk naik.  Setelah menunggu beberapa lama dan melihat ada dua orang turis yang juga naik ke bis tsb, maka kami pun ikut naik, dan bis pun berangkat.  Teman saya yang curiga bahwa ini penipuan, meminta saya browsing tentang bis ini dan kami menemukan banyak sekali informasi.  Katanya, nanti kami akan dibawa ke travel agent yang mematok harga tiket jauh lebih mahal dibanding semestinya dan seolah-olah kami tidak ada pilihan lain.  Ya iyalah, karena ternyata letak travel agent tsb jauuuuhhh dari mana-mana di tempat yang terpencil. hadeuuuhhh..

Kami pun kekeuh ga mau pake bis atau taksi dari travel agent tsb dan mau balik lagi aja ke border tempat tadi.  Kami pun keluar sambil bingung naik apa.  Kalo kamu pernah nonton film yang pemerannya berdiri di pinggir jalan ngacungin jempol mau nebeng sama mobil lewat, nah waktu itu saya udah mikir gitu tuh.  Secara ga ada bis lewat sama sekaliii..huhuhu..  di tengah kebingungan dan panas matahari, salah satu supir taksi dari travel agent tadi mengikuti sambil tetep nawarin untuk pake dia ke Siem Reap.  Tawar menawar pun terjadi. dan akhirnya kami berhasil naik dengan biaya yang ga beda jauh dengan harga resmi.  fiuuuhh..

Saking stressnya, jadi ga sempet foto-foto..hehehehe..

 

3.  Siem Reap – pertama kali liat sunrise

Tahun lalu, saya ga sempet menyaksikan sunrise di Angkor Wat karena ga sempet.  Tapi kali ini, berhasil dooong.  Tanpa mandi dan sarapan, kami sudah berada di tuk tuk yang akan mengantar kami melihat sunrise.  Ternyata udah banyak banget turis yang juga menuju kesana, padahal hari masih gelap.  Walaupun mataharinya ga bulet karena ketutup awan, tapi bayangan candi yang memantul di danau bawahnya itu tetep menyejukkan mata.  Begini nih penampakannya :

IMG_6712

Setelah menyaksikan sunrise, kami pun beranjak kembali ke hotel untuk sarapan, tidur sejenak dan kembali lagi untuk mulai keliling temple lain di Angkor Wat.

4.  Bis malam dari Siem Reap ke Phnom Penh

Pertama kalinya naik bis malem, hihihi.  Naik kereta malem sih sering, tapi kayaknya kalo naik bis malem butuh keberanian khusus deh.  Kami memilih naik bis malam di perjalanan dari Siem Reap ke Phnom Penh dengan alasan menghemat waktu dan biaya menginap.  Tiket bis sudah kami beli di travel agent di sekitar Pub Street dengah harga 9USD.  Pas masuk ke bis, jeeeng jeeengg..begini penampakannya :

bis malemsuasana di dalam bis

Kalo kamu berencana naik bis malem, lebih enak pilih yang di bagian atas.  Kalo di bagian bawah sepertinya pengap dan kebayang kan kalo lg enak-enak tidur eh ada kaki ngegantung di atas kita. hehehe.. oiya, bis kami sempet mogok pulak sekitar 2 jam di daerah sepi gitu..huhuhuhu..

5.  Ho Chi Minh – city tour jalan kaki

Beberapa kali mengunjungi Ho Chi Minh, baru kemarin saya tau kalo ternyata jalan-jalan di kota bisa dilakukan dengan berjalan kaki karena tempat wisatanya terletak berdekatan.  Bahkan, di Lonely Planet yang kami baca di hostel tempat kami menginap, ada satu lembar peta rute perjalanan city tour yang bisa dilakukan dengan berjalan kaki.  Rute awalnya mulai dari Pham Ngu Lao Street (kawasan backpacker di Ho Chi Minh), dan kebetulan merupakan tempat kami menginap.  Estimasi lamanya perjalanan ini sekitar 6 jam, tergantung seberapa cepet kamu jalan dan seberapa sering istirahat..heheheheh.

Tempat wisata yang ada di rute ini (yang saya ingat), antara lain adalah :  War Museum, Reunification Palace, Notredamme Cathedral, Post Office (sebrang Cathedral), dan Ben Thanh Market.  Di jalan pulang ke hotel, kami melewati mall gede banget yang baguuuss banget bangunannya. Tapi saya lupa nama mall nya apa.

IMG_6853dalemnya kantor pos

Oiya, salah satu yang saya inget di perjalanan ini banyak banget nemu tukang jualan enak-enak.  Ada tukang rujak jambu air yang jambunya itu manis dan banyak banget airnya, sampe tukang jualan kopi Vietnam yang kalo di Jakarta harga segelasnya bisa 20ribuan.  Di sana, harga segelas es kopi Vietnam yang seger banget itu cuma 10ribu VND atau 5ribu rupiah sajah *mabuk2ankopi*

Truuus, saya baru tau juga kalo ternyata terminal bis yang menuju bandara Tan Son Nhat letaknya deket banget sama daerah Pham Ngu Lao. Tepatnya di sebrang Ben Thanh market.  Selama ini, kalo ke Ho Chi Minh ya dari/ke bandaranya naik taksi.  Kali ini saya coba naik bis.  Ongkosnya? 5ribu VND atau 2500 rupiah saja. hhahhahaha..gile ih puas rasanya.  Bis nya pun ok, ber AC dan berenti tepat di pintu keberangkatan bandara. ihiiiiyy!!

6.  Menginap di bandara KLIA

Nginep di bandara sih udah lumayan sering. Tapi kayaknya ini yang paling enak..hehehe..di tiap pojok bandara KLIA lantai 2, memang disediakan kursi-kursi yang bisa digunakan untuk tidur.  Wiiihhh asik bangeett..waktu itu saya bener-bener tidur pules kayak tidur di kamar hotel.  Ternyata, bandara ini termasuk ke dalam 10 bandara paling asik buat dijadikan tempat menginap.  hihihi..

tempat tidur

Begitu cerita petualangan saya. hehehe..bener-bener berkesan karena bisa banyaaak hal-hal baru yg saya alamin walopun perjalanannya termasuk mengulang. Semoga bisa ikut merasakan excitement yg saya rasain ketika melakukan perjalanan ini yaaa..

Advertisements

Soul Trip – Siem Reap (2)

Hari kedua di siem Reap.  Rencananya hari ini saya mau ke floating village yang letaknya sekitar 1 jam perjalanan dari tempat saya menginap.  Abang tuktuk sudah siap mengantar saya jam 9 pagi, dan dengan perbekalan air minum yang lebih banyak dari kemarin, berangkatlah saya membelah asap di kota Siem Reap *ciyeeh*.

Di perjalanan, kami melewati perkebunan lotus yang baguuusss banget.  Abang tuktuk menawarkan untuk berhenti sebentar dan mengambil foto di tempat tersebut, langsung deh saya setuju.  Ternyata, biji bunga lotus ini bisa dimakan lho dan rasanya kayak edamame cuma agak bergetah dikit.  hehehe.  tapi saya ga berani makan banyak-banyak karena waktu itu belum makan nasi (maklum, perut Indonesia).

Setelah puas berfoto, kami pun melanjutkan perjalanan.  Abang tuktuk mengingatkan bahwa nanti petugas perahu akan mengajak saya ke sekolah untuk anak-anak tidak mampu dan menawarkan untuk memberikan sumbangan.  Kalo kita setuju, kita akan dibawa ke toko sembako yang harganya mahaaall banget.  Jadi, kalo nanti ditawarin, lebih baik menolak aja.  Baiklaaahhh.

Tiba di tempat tujuan, saya membeli tiket dan langsung menuju perahu yang akan membawa saya menyusuri sungai.  Saya sendiriaaan di perahu ituuu, ditemani dua orang yang mengemudikan.  Di perjalanan itu saya sih ga terlalu excited ya, karena hampir mirip dengan yang pernah saya ikuti di Ho Chi Minh.  Saya diajak ke tempat penangkaran buaya, trus ada toko-toko souvenir gitu, dan beneeerr, diajak untuk memberikan bantuan ke sebuah sekolah gitu.  Untung aja saya udah diberi info sebelumnya, jadi saya siap.. siap menolak.  hehehe..

Selesai dari floating village (jauh lebih bagus yang di Wakatobi), saya minta diantar ke penginapan untuk makan siang dan belanja oleh-oleh di pasar dekat situ.

jadwal bis floating village warga floating village floating village Siem Reap floating shop

Selesai berbelanja oleh-oleh, saya memutuskan untuk kembali ke penginapan dan packiing.  Besok pagi-pagi saya harus berangkat ke Bangkok 🙂

 

Soul Trip – Siem Reap (1)

Perjalanan ke Siem Reap ditempuh dengan waktu 6 jam perjalanan. Terjadi huru hara ketika saya mau ke terminal bis-nya. Tuktuk yang sudah saya pesan untuk jemput ke penginapan, ga dateng-dateng juga sampe jam 13.15, padahal bis saya berangkat jam 14.00.  Saya-pun mulai panik dan minta bantuan ojek untuk mengantar. Iya, beruntungnya ada ojek, jadi saya bisa sampai ke terminal bis sebelum bis saya berangkat. Oiya, di perjalanan, si tukang ojek bilang gini ke saya “you’re so lucky Mam. You can go anywhere you want..” hmmmm..iya sih ya, Alhamdulillah..

Di bis, saya duduk sebelahan dengan gadis muda Kamboja. Ngobrol-ngobrol, ternyata Mba ini penari tarian lokal Kamboja di sebuah hotel di Siem Reap. Pendapatannya sekitar Rp 800 ribu sebulan. Kalo di Jakarta, di bawah UMR tuh ya..tapi katanya, kalo lagi rame turis, banyak yang kasih tips. Dia pun cerita tentang keluarganya, tentang keadaan di Siem Reap nanti gimana, dan akhirnya dia curhat tentang pacarnya yang akan menikahinya tahun depan. Pas tanya umur, ebuset..dia baru umur 18 euuyy..hahahhaha..

Tidak ada pemandangan menarik selama perjalanan ke Siem Reap, jadinya saya kalo ga ngobrol dengan teman sebelah, ya tidur. Pegel bangeeett karena jarak antar kursi bis-nya sempit dan jalanan juga ga begitu bagus.  Untung aja, saat saya udah lemes banget karena pegel, laper dan haus, bis belok ke lapangan bergerbang besi seperti layaknya pool bis di Jakarta.  Asiiikk sampeee! Saya pun bergegas turun dan mencari penjemput yang sudah saya pesan dari hotel tempat saya akan menginap.  Cari-cari, kok ga adaaa orang yang membawa kertas bertuliskan nama saya. haduuhh.mana udah gelap, semua penumpang bis sudah turun dan sudah tau kemana tujuannya, udah gitu banyak tukang tuktuk yang ngerubungin saya pulak. errrhhh..saya bilang ke mereka kalo saya sudah ada yang jemput dari hotel.  dan kata mereka, mereka sudah dari sore disitu dan ga ada tuktuk lain yang dateng dan bilang mau jemput.  huhuhuhu saya sudah pingin nangiiisss.  soalnya saya lupa banget download alamat hotelnya, cuma tau namanya doang.  di tengah-tengah keputus-asa-an itu *halah* saya ngeliat ke arah gerbang yang sudah ketutup dan ada orang bawa nama saya di selembar kertas.  orang itu lagi ribut biar dibolehin masuk.  Alhamdulillaaaahhh..itu penjemput sayaaaa..Pelajaran, jangan mudah percaya kalo ada kejadian kayak yang saya alami itu.  Kalo pihak hotel udah confirm jemput, mereka Insya Allah jemput koookk..

Perjalanan ke penginapan cukup jauh ternyata.  Tapi menyenangkan.  Siem Reap ternyata kota kecil yang tidak terlalu crowded dengan suasana yang masih segar.  Dan kalo malem, wiihh lampu-lampunya itu lhooo.  Penginapan saya, Shadow of Angkor II Guest House, terletak di seberang sungai (atau kali) yang cantiiik banget kalo malem.  Banyak lampu-lampu, enak buat jalan kaki, dan dekat dengan pusat keramaian backpacker di Siem Reap, Pub Street.  Harga per malam di penginapan ini US$ 15 termasuk wifi di kamar tapi tidak termasuk makan pagi.

Setelah check in dan memesan tuktuk untuk besok hari ke Angkor Wat, saya pun jalan-jalan di sekitar Pub Street.  Suasanya kayak di Khaosan Road Bangkok gitu tapi lebih sepi.  Di sini juga ternyata ada pasar, kayak di Mayestik gitu, yang jualan souvenir khas Kamboja.  Waaah strategis banget penginapan saya ya.

Besoknya, saya sudah siap untuk keliling Angkor Wat menggunakan tuktuk yang saya sewa US$ 8 per hari. Kata abang tuktuk, tiket yang tersedia ada yang sehari, ada yang 3 hari dan ada yang 5 hari.  saya pilih yang sehari aja, karena besok paginya saya harus berangkat lagi ke Bangkok.

Dari penginapan ke Angkor Wat memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan.  Di sepanjang jalan, banyak turis ke arah yang sama dengan ramai-ramai menggunakan tuktuk atau beriringan naik sepeda.  Kayaknya cuma saya yang sendirian nih ya. hehehhe.

Setelah membeli tiket, saya pun diantar ke gerbang utama Angkor Wat.  Wihiiii..bangunan yang biasanya saya liat di internet, sekarang sudah di depan mata sayaa.  Bahagia sekali saya.  oiya, di tiket yang kita beli, ada rute yang direkomendasikan kalo kita cuma punya waktu sehari di Angkor Wat.  Tapi menurut saya sih, sehari cukup, yang penting dapat sun rise dan sunsetnya. karena itu pemandangan paling spektakuler yang bisa dilihat di Angkor Wat.  Kalo candi-candi nya sih, ya hampir sama dengan Borobudur atau Prambanan aja, tapi lebih banyak. hehehhe..menurut saya lho.

Karena cuaca saat itu sangat panas, jadi saya sebentar-bentar duduk dan minum es kelapa muda seharga US$ 1 yang banyak dijual di warung-warung sekitar candi.  segeeerrr banget deh, berasa beda sama di Jakarta..hihihihi.  Setiap turun di tempat yang direkomendasikan, abang tuktuk akan memberitau saya punya waktu berapa lama disitu dan dia akan menunggu dimana.  Katanya, saya harus tepat waktu kalo mau liat sunset di spot terbaik di Angkor Wat.  Tempat sunsetnya sendiri ternyata cukup jauh, dan letaknya di atas bukit.  Jadi kita harus mendaki dan harus naik tangga lagi untuk sampe ke tempat tersebut.  Ketika sampai di atas, huwaaa..udah banyak yang duduk-duduk, padahal baru jam 4 lewat.  Ternyata, tempat itu ditutup jam 5.  jadi setelah jam 5, ga ada lagi yang diperbolehkan naik.  Sunset yang ditunggu-tunggu pun hampir tiba.  Semua sudah mengatur kamera dan posisinya agar bisa melihat dengan sempurna.  Eeeehhh..pas udah mau turun, ketutup awan doong. hahaha, pestanya pun bubar jalaaan.  Sayapun ikut bubar dan menuju tuktuk yang sudah menunggu di bawah untuk diantar pulang ke penginapan.

Malamnya, saya memutuskan untuk duduk-duduk ngemil di salah satu cafe di Pubstreet, Viva Mexican Cafe.  Saat itu hujan dereess banget, saya denger bule di sebelah saya mau pindah duduk di luar karena pingin nikmatin hujan.  heheheh..di negaranya jarang ujan kali yak.

Itu cerita hari pertama saya di Siem Reap.  Ntar lanjut lagi yaaa…dan selamat membayangkan apa yang sudah saya ceritain di atas lewat foto-foto iniiii 🙂

 

 

 

 

 

Soul Trip – Phnom Penh

Kamboja, adalah salah satu negara yang pingin banget saya kunjungin.  Padahal, saya ga nonton Tomb Rider, jadi saya ga tau semenarik apa Kamboja yang ada di film itu.  hehe..saya pingin ke Kamboja, karena sepertinya negara ini salah satu tujuan buat yang pingin menenangkan diri *halah*  Ga tau kenapa, saya selalu pingin ke negara -negara yang di brosurnya itu ada Monk, entah lagi baris, entah lagi nyebrang danau, atau lagi melakukan ritual keagamaan.  Jadi daya tarik tersendiri buat saya.

Karena itulah, akhirnya saya pun menyusun perjalanan yang saya beri judul Soul Trip.  Rute awalnya : Jakarta – Ho Chi Minh- Phnom Penh – Siem Reap – Bangkok – Vientiane – Luang Prabang – Vientiane – KL – Jakarta.  Huwaaa panjaaaang, dan sebagian dilakukan melalui jalan darat.  Waktu perjalanan tesebut sekitar 12 hari, dan karena saya pergi sendirian, sayapun berjanji kalau memang saya gentar untuk melakukan rute tersebut, saya bisa pulang kapan aja.  Itu janji saya ke keluarga saya sih sebenernya. hehehe..

Petualangan pun dimulai.  Saya berangkat menuju bandara sambil deg-degaaann dan menguatkan tekad kalo saya bisa.  Tujuan pertama saya adalah Ho Chi Minh untuk transit menginap satu malam dan melanjutkan perjalan ke Phnom Penh keesokan harinya.  Semua penginapan di masing-masing kota sudah saya pesan melalui booking.com kecuali penginapan di Laos, karena saya masih belum memastikan tanggal berapa saya akan berangkat kesana.

Setelah sampai di Ho Chi Minh, saya memesan taksi ke penginapan di daerah Benh Tanh, yang merupakan daerah backpacker disana.  Di daerah ini, banyak terdapat penginapan murah, tempat makan dan travel agent, sehingga saya pun langsung memesan tiket bis ke Phnom Penh untuk keberangkatan besok pagi jam 8.45.  Tiket yang saya beli adalah bis dari Kumho Samco Travel seharga 10 USD dengan lama perjalanan 6 jam.

Di bis, kondektur akan mengumpulkan paspor dan uang untuk membayar visa.  Beruntungnya bagi WNI, Kamboja sudah memberlakukan bebas visa.  Lumayan, penghematan.  Nanti di imigrasi Vietnam, seluruh penumpang diminta turun dan menunggu sampai namanya dipanggil oleh petugas dan paspor dikembalikan setelah di cap keluar.  Penumpang yang telah menerima paspornya kembali, dipersilakan untuk naik ke bis yang telah menunggu tidak jauh dari pintu keluar.  Ketika turun di imigrasi ini, penumpang hanya membawa barang-barang yang diperlukan.  Selain itu, bisa ditinggal di bis.

Sesampainya di Phnom Penh, sudah banyak tuk tuk yang mengerubungi kita untuk mengantar ke penginapan.  Saya menawar tuktuk seharga 2 USD untuk meengantar ke Circuit Hotel, penginapan saya.  Sebelum naik tuktuk, saya menyempatkan diri membeli tiket ke Siem Reap untuk keesokan harinya.  Tiket seharga 12 USD dengan lama perjalanan 8 jam.  Harga tiket tersebut memang lebih mahal dibandingkan bis lain yang rata-rata hanya 8-10 USD.  Jadi, kalau memang waktunya memungkinkan, bisa membeli tiket bis di daerah Old Market, katanya banyak agen bis dengan harga bersaing.

Tujuan saya di Phnom Penh adalah sebagai berikut :

1.  Tonle Sap River

2.  Royal Palace

3.  Warung Bali, warung ini terkenal sekali di kalangan para backpackers Indonesia yang ke Phnom Penh.  Letaknya ada di dekat Royal Palace.  Kalo kita berjalan di jalanan utama sisi Royal Palace, sebelumnya ada belokan ke kanan, nah belok situ, nanti Warung Bali ini ada di sebelah kanan.  Lumayan buat yang kangen dengan masakan Indonesia 🙂

4.  Old Market

 

Memang tidak banyak tempat yang saya kunjungi, karena waktu saya di Phnom Penh juga hanya 1 malam.  Beruntungnya, tempat-tempat tersebut letaknya berdekatan dan tidak jauh dari penginapan saya.  Jadi bisa ditempuh dengan berjalan kaki.  Setelah itu, sayapun siap melanjutkan perjalanan saya menuju Siem Reap.